Indra dan Tim Raih Juara I LKTI Ekonomi Kreatif Tingkat Nasional

Mahasiswa Manajemen Dakwah berhasil raih juara I dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ekonomi Kreatif Nasional di Medan, Sumatera Utara. Kegiatan yang bertajuk Youth Social Expedition Toba 2021 diselenggarakan oleh organisasi sosial bernama Rumah Kita di Kota Medan. Kegiatan ini, diikuti oleh berbagai kampus di Indonesia pada 27 Maret – 2 April 2021 di Sumatera Utara.

Tema kegiatan yakni “Pemanfaatan Sumber Daya Alam Wilayah Toba untuk Peningkatan Kualitas Hidup Sumber Daya Manusia”. Kegiatan ini berupaya menyalurkan ide dan gagasan mahasiswa tingkat Nasional dalam mengembangkan potensi kawasan Geopark Kaldera Toba di Sumatera Utara. Adapun rangkaian kegiatan diantaranya; LKTI Ekonomi Kreatif, Pengabdian di Parapat Sumatera Utara, dan field trip di kawasan Geopark Kaldera Toba.

Pada kesempatan ini, tim yang diketuai oleh Indra Gunawan dari Manajemen Dakwah, dengan anggota Mad Yahya dan Sita Santi Saraswati menggagas wisata edukasi berkonsep konservasi kearifan lokal. Wisata rural tourism ini mengintegrasikan taman wisata edukasi dengan rural TECH (Technology, Education, Culture, And History) dalam upaya mengoptimalkan potensi geodiversity, biodiversity, dan culturediversity di kawasan tersebut melalui wisata sepeda.

Sementara itu, tim yang tergabung dari UKM Excellent Academic Community (EXACT) ini melalui beberapa tahapan seleksi, seperti abstrak, kemudian full paper yang peserta dinyatakan lolos sebagai 10 besar finalis untuk mempresentasikan karya ilmiahnya. Indra Gunawan selaku ketua tim, mengungkapkan dirinya bersama tim yang kali pertama ke Sumatera ini sangat bersyukur karena bisa menjuarai event tersebut. Ia mengungkapkan kegiatan ini memberinya banyak ilmu, sekaligus sebagai sarana memotivasi dirinya dan tim untuk terus berkarya di tengah pandemi Covid-19.

“Kalo saya sendiri dan tim alhamdulillah sekali bisa menjuarai kegiatan ini berbekal ide wisata edukasi. Selain itu, dari kegiatan ini banyak dapat ilmu baru sekaligus jadi lebih termotivasi untuk berkarya lagi” katanya.

Dari kegiatan ini ia juga menambahkan bahwa ide untuk membuat karya tulis ilmiah bisa dari hal yang sederhana, salah satunya dengan hal yang sering ditemui disekitarnya, misalnya bersepeda santai.

Berita Terpopuler