Market Day Fest: Integrasi Teori dan Praktek Kewirausahaan
Selasa, 21 Mei 2024. Mahasiswa MD Angkatan 2022 mengadakan kegiatan Market Day Fest bertempat di Taman Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas praktek dari mata kuliah Digital Entrepreneur yang diampu oleh H. M. Irfai Muslim, M. Si. Kegiatan Market Day ini setidaknya mempromosikan produk-produk makanan dan minuman yang telah dibuat oleh mahasiswa dengan berkelompok. Setidaknya ada 12 Produk yang telah dibuat mahasiswa, di antaranya ada Indomie roll, jelly ball, Banana Lumer, Sego Bunder, Crispmelt, Chilomie, Ma’lor Nampol, Fresh Fizz Jelly, Aci Suwir, Banana Golden Crispy, Samrolled dan Mr, Lumpi.
Koordinator utama pada kegiatan ini Dhimas Rizky Nur Firmansyach dibantu dengan masing-masing koordinator kelas yang lain M Zufaris, dan Siti Fatimah. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat salah satunya untuk melatih kepekaan mahasiswa dalam menangkap peluang usaha ke depan.
Dalam sesi wawancara, Pak Irfai Muslim juga mengatakan bahwa tujuan kegiatan praktik kewirausahaan yang dikemas dalam Market Day Fest ini yakni 1) Mengembangkan Keterampilan Wirausaha Mahasiswa. Harapannya dapat mengembangkan skill wirausaha seperti negosiasi, komunikasi, manajemen waktu, dan pengambilan keputusan;2) Melatih daya inovasi dan kreatifitas mahasiswa dalam menawarkan produk-produknya;3) Memperluas Networking dan Kolaborasi;4) Evaluasi diri dan pembelajaran. Mahasiswa mampu mengevaluasi kekuatan dan kelemahan diri dalam berbisnis dan juga mendapatkan feedback langsung dari pelanggan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan strategi bisnis;dan 5)Mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam pengelolaan keuangan dalam berbisnis.
Semoga Kegiatan ini menjadi sarana untuk memperkaya pengalaman mahasiswa dalam menyiapkan diri menjadi wirausahawan yang kompeten dan juga siap dalam menghadapi tantangan-tantangan di dunia bisnis ke depan.