Dosen MD Terbitkan Dua Buku Sekaligus

Dosen Prodi Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga, Drs. H. Noor Hamid, M.Pd.I, baru-baru ini berhasil menerbitkan karya ilmiah berupa buku. Tidak main-main, dua buku bertema manajemen haji dan umrah diterbitkan sekaligus. Buku pertama berjudul “Manajemen Haji dan Umrah: Mengelola Perjalanan Tamu Allah ke Tanah Suci” dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Buku tersebut disajikan berdasarkan regulasi terbaru serta disusun secara praktis dan runtut agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Buku tersebut terbagi menjadi sepuluh bagian yang berisi tentang: sejarah singkat haji (penyelenggaraan, komunikasi, dan informasi haji dan umrah), penyelenggaraan haji reguler (operasional persiapan di tanah air, pemberangkatan, operasional haji di Arab Saudi, serta pemulangan ke tanah air), penyelenggaraan ibadah haji khusus, pengelolaan keuangan haji, inovasi penyelenggaraan haji dan indeks kepuasan jemaah haji, beberapa permasalahan haji, koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan haji, penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah, penyelenggaraan kelompok bimbingan haji dan umrah, dan terakhir adalah penutup.

Adapun buku kedua berjudul “Manajemen Bimbingan Haji dan Umrah” disajikan dalam sebelas bagian meliputi: pengertian manajemen bimbingan haji dan umrah, sumber daya bimbingan haji dan umrah, sertifikasi pembimbing manasik haji, rencana kerja operasonal bimbingan haji dan umrah, penyelenggara bimbingan haji dan umrah, pelaksanaan bimbingan haji regular, pelaksanaan bimbingan haji khusus dan umrah, program bimbingan manasik haji sepanjang tahun, pengawasan pelaporan dan evaluasi program bimbingan haji dan umrah, rekrutmen dan pembekalan petugas pembimbing ibadah haji pusat dan daerah, serta terakhir uraian tugas pembimbing ibadah haji dan umrah.

Terbitnya kedua buku ini tentu akan memperkuat pembelajaran di program peminatan Manajemen Haji dan Umrah pada Prodi Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga. Materi yang disajikan akan menambah khazanah keilmuan bagi para pembaca untuk mengetahui dan memahami secara komprehensif pengelolaan perjalanan ibadah haji dan umrah yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat atau swasta. Selain itu juga menjadi bekal pengetahuan sebagai persiapan sebelum berangkat dan ketika menunaikan ibadah haji atau umrah ke tanah suci. Selamat dan terus berkarya Pak Noor Hamid!

Editor: Bayu Mitra A. Kusuma

Berita Terkait

Berita Terpopuler